Senin, 30 Januari 2012

Laporan Prakerin SMK ISDA Babakan




LAPORAN

TUGAS AKHIR
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

DI
KANTOR KECAMATAN BABAKAN
Jl. Pangeran Sutajaya No. 122 Telp. (0231) 661121)  Fax. (0231) 661121
Kode Pos 45191















Di susun oleh:

Nama                          : KHAERUL IHSAN
NIS                             : 09101029
Kelas                          : XI
Program Keahlian      : Administrasi Perkantoran


SMK ISLAMIYAH DARUSSALAM (ISDA)
BABAKAN-CIREBON
AKREDITASI B
Jl. Prapatan Gembongan Telp. (0231) 662572 Kode Pos 45191
Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon






LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN
TUGAS AKHIR (PROJECT WORK)
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

DI
KANTOR KECAMATAN BABAKAN

Laporan ini telah disetujui / disahkan oleh Pembimbing
Pada Tanggal :


                                                                                                         Babakan, 21 Mei 2011
                                                                                                              Peserta Prakerin




                                                                                                          KHAERUL IHSAN
                                                                                                              NIS : 09101029




                                                                   Megetahui ;                                     
                  Pembimbing  DU/DI                                                          Pembimbing  Sekolah                




                 RINTO WAHYUDI                                                      YENNY RACMAN, SE
           NIP : 19810309 200801 1 001                                                                            
                                
                                                                                                                          
                                


                                                                   Menyetujui;
                           DU / DI                                                                              Kepala
                     Camat Babakan                                                             SMK ISDA Babakan





   Drs. H. MOCHAMAD SYAFRUDIN                                      IWAN HENDRAWAN, SH           NIP. 19670517 198803 1 012                                                       
                                                                           




i
 
 

LEMBAR PENGESAHAN PENGUJIAN / SIDANG
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI  KECAMATAN BABAKAN



Di susun oleh:

Nama                           : KHAERUL IHSAN
NIS                              : 09101029
Kelas                           : XI
Program Keahlian         : Administrasi Perkantoran






Laporan ini sudah diujikan  pada hari  ………   tanggal ……. Bulan …..….. .. tahun………...



                        Penguji 1                                                                    Penguji  2






       ( …………………………….)                                  ( …………………………….)





                                                             Mengetahui ;
                                                 Kepala SMK ISDA Babakan





                                                 IWAN HENDRAWAN, SH










ii
 
 

YAYASAN PENDIDIKAN ISALAM DARUSSALAM
 SMK ISLAMIYAH DARUSSALAM BABAKAN
PROGRAM KEAHLIAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN DAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
AKREDITASI B
Alamat : Jl. Prapatan Gembongan Telp. (0231) 662572 Kode Pos 45191
Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon
 


IDENTITAS SISWA

1.      Nama Siswa                                             : KHAERUL IHSAN
2.      Tempat/ Tanggal Lahir                              : Cirebon, 18 April 1994
3.      Jenis Kelamin                                           :  Laki-laki
4.      Golongan Darah                                       : -
5.      Nomor Induk Siswa                                 : 09101029
6.      Alamat                                                     : Desa Gembonganmekar RT 03/ RW 01
                                                                  Kec. Babakan Kab. Cirebon
7.      Sekolah                                                    : SMK Islamiyah Darussalam
                  Telp. (0231) 662572 Kode Pos 45191
8.       Nomor Telepon                                       : -
9.      Catatan Kesehatan                                   : Baik
10.  Nama Orang Tua
a.    Ayah                                                   : JUWAHIR
b.   Ibu                                                      : NURYATI
11.  Alamat Orang Tua                                    : Desa Gembonganmekar RT 03/ RW 01
                                                                  Kec. Babakan Kab. Cirebon
12.  Nomor Telepon Orang Tua/ Wali             : -




Pas Photo
3x4
 
                                                                                    Babakan, 21 Mei 2011
                                                                                          Kepala Sekolah





                                                                               IWAN HENDRAWAN, SH




iii
 
 

KATA PENGANTAR


            Puji syukur khadirat Allah yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga  penulis dapat menyelesaikan  laporan  ini yaitu guna memenuhi salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional (UN) Produktif di SMK ISDA Babaakan.
            Penulis menyadari bahwa laporan ini tidak dapat terselesaikan tanpa adanya bimbingan dari pihak lain. Untuk itu pada kesempatan ini penulis taklupa mengucapkan terima kasih kepada Yth :
1.       Bapak Drs. K.H. Abdul Muchid, selaku ketua Yayasan Islamiyah Darussalam (ISDA)
2.       Bapak Drs. H. Mochamad Syafrudin, selaku Camat Babakan
3.       Bapak Sukarjo, SE, selaku Sekmat di Kantor Kec. Babakan.
4.       Bapak Rinto Wahyudi selaku Instruktur dan Pembimbing di Kantor Kec. Babakan.
5.       Bapak Iwan Hendrawan, SH, selaku kepala Sekolah di SMK ISDA Babakan
6.       Bapak Shofiq Hafifi, S.Pd, selaku Koodinator Prakerin di SMK ISDA Babakan
7.       Ibu Yenny Rachman, SE, selaku pembimbing sekolah di SMK ISDA Babakan
8.       Ibu Maemunah, selaku Wali kelas X Ap di SMK ISDA Babakan
9.       Bapak dan Ibu Guru di SMK ISDA Babakan
10.   Karyawan dan Karyawati Kecamatan Babakan
11.   Dan teman-teman dan semua pihak yang turut membantu seselainya laporan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam laporan tugas akhir ini masih ada kekurangan, oleh karena itu dengan kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun.
Penulis berharap semoga laporan ini memberikan banyak manfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.

                                                                                                     Babakan, 21 Mei 2011

                                                                                                               Penyusun




                                                                                                      KHAERUL IHSAN
                                                                                                          NIS. 09101029







iv
 


KERTAS HVS 
BERWARNA BIRU
 

DAFTAR ISI

Halaman
LEMBAR PENGESAHAN PRAKERIN………………………………………...……...         i
LEMBAR PENGESAHAN  PENGUJIAN/ SIDANG PRAKERIN……………………           ii
IDENTITAS SISWA ……………………………………………………………………        iii
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………..        iv
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………         v
                                                                                                                                                  

BAB I        PENDAHULUAN
1.1.     Latar Belakang …………………………………………………………         1
1.2.     Landasan Hukum  ……………………………………………………....        2
1.3.     Tujuan ………………………………………………………………..…       3
1.4.     Pengertian Pembimbing dan Instruktur dalam PSG …………………….           3
1.5.     Tugas Pembimbing dan Instruktur ……………………………………...          4
1.6.     Persyaratan / Kriteria Pembimbing ……………………………………...         5
1.7.     Pelaksanaan Pembimbing Bagi Siswa Peserta PSG ……………….…...           5
1.8.     Tata Tertib Dunia Usaha/ Industri ………………………………………         6
                                                                                                                                                  
BAB II       DESKRIPSI  DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI
2.1.  Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin ……………………………..     7
2.2.   Identitas Dunia Usaha ………………………………………………….      8
2.3.   Sejarah Singkat Kecamatan Babakan ……………………………….…   9
2.4.   Visi, Misi dan Tujuan Kabupaten Cirebon …………………………….        11
2.5.   Denah Kantor Kecamatan Babakan …………………………………....      12
2.6.   Struktur Organisasi Kantor Kecamatan Babakan …………………..….       13
2.7.   Daftar Absensi  Para Pegawai ………………………………………….      14
2.8.  Fasilitas Kantor Kecamatan Babakan ………………………………….    15
2.9.  Prosedur Pembuatan KK, KTP dan Surat Pindah ……………………...    16


BAB III     LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN
3.1. Laporan Kegiatan Praktek Kerja Industri   …………………….………..   17
3.2. Daftar Hadir Siswa ……………………………………………………...      20
3.3. Laporan Penilaian Prakerin pada Kantor Kec. Babakan  ………………     21


BAB IV      PENUTUP
4.1. Kesimpulan  ……………………………………………………………..    22
4.2. Saran  ……………………………………………………………………    22

LAMPIRAN (Kesimpulan Bukti Belajar/ Evidence      of Leading)                                                
4.3. Surat Masuk …………………………………………………………….      23
4.4. Surat Keluar …………………………………………………………….       24



v
 
 








Kertas Biru
JANGAN diCETAK
Haya sebagai Pembatas
 




















BAB I
PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
Pada umumnya Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan yang merupakan antara pihak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Dunia Usaha/ Industri, mulai dari perencanaan program pendidikan dan pelatihan, penyelenggaraannya (di SMK atau di Dunia Industri), evaluasi keberhasilan siswa dengan pemasaran tamat.
1.      Komponen Normatif, yaitu meliputi materi pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidkan Jasmani dan Kesehatan, sejarah Nasional dan Sejarah Umum.
2.      Komponen Adaftif, yaitu meliputi mata pelajaran :
Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika dan Kimia.
3.      Komponen Teori Kejuruan, yaitu meliputi mata pelajaran teori kejuruan dalam lingkup suatu program Studi tertentu.
4.      Komponen Praktek Dasar Kejuruan, yang meliputi praktek penunjang dalam melakukan beberapa jenis pekerjaan yang relevan di Dunia Usaha/ Industri yang berada dalam lingkup profil tamatan dari program studi tertentu.
5.      Komponen Praktek Industri, yaitu yang meliputi praktek kerja langsung di lingkungan Produksi pada Dunia Usaha/ Industri.

Pelaksanaan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sebagai perwujudan kebijaksanaan diri “Link and Match ”, dalam upaya prosesnya dilaksanakan pada dua tempat yaitu di Sekolah dan di dunia usaha atau industri. Upaya ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mencapai tujuan relevansi pendidikan dengan tuntunan kebutuhan tenaga kerja.
Mengetahui bahwa semakin ketatnya pendidikan dan kurikululm yang berganti-ganti, serta meningkatkan kurikulum yang sekarang ini bagi para siswa SMK  yaitu adanya pembuatan Laporan Tugas Akhir (Project Work) karena merupakan syarat untuk kelulusan maka siswa dituntut untuk dapat kreatif dalam menunjukan kemampuannya.


1
 
 

1.2.       LANDASAN HUKUM
a.       Undang-undang Nomor 2 tahun 1989
1.      Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu jalur Pendidikan Sekolah dan Pendidikan luar Sekolah (pasal 10)
2.      Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan atau keluarga peserta didik (pasal 33)
3.      Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan.

b.      PP Nomor 89 tahun 1990
1.      Penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat bekerjasama dengan masyarakat terutama Dunia Usaha/Industri dan para Dermawan untuk memperoleh sember daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan (pasal 29 ayat 1).
2.      Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam pengembangan pendidikan (pasal 8)

c.       PP Nomor 39 tahun 1992
1.      Peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan tempat Praktek Kerja Industri atau latihan kerja (pasal 8)

d.      Kep. Mendikbud Nomor 0490/U/1992
Kerja sama masyarakat dengan Dunia Usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja yang diusahakan dengan azas saling menguntungkan.










2
 
 

1.3.      TUJUAN
Dalam penyelenggaraan tugas akhir ini mempunyai tujuan, yaitu :
A.     Menentukan pembimbing siswa dalam melakukan praktek dasar kejuruan dan ptaktek keahlian  pada produksi  di Dunia Usaha / Industri, baik dari unsur Dunia Usaha / Industri.
B.     Sebagai petunjuk bagi pembimbing yang ditugaskan untuk mengetahui, memahami maksud dan tujuan pembimbing dan hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka melaksanakan tugas sebagai pembimbing siswa peserta PSG.
C.     Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dibidang Administrasi Perkantoran, Akuntasi, dan penjualan serta memiliki tingkat pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan dunia kerja.
D.     Memperkokoh kesepadanan antar sekolah sebagai pencetak sumber daya manusia dengan dunia usaha sebagai pengguna sumber daya manusia.
E.      Meningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
F.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja.



1.4.     PENGERTIAN PEMBIMBING DAN INSTRUKTUR DALAM PSG
Guru pembimbing dalam hal ini dimaksudkan adalah Guru SMK yang memenuhi persyaratan pembimbing, sedang instruktur dalam pembimbing dari Dunia Usaha/Industri. Mereka melakukan tugas mempersiapkan, mengarahkan, memotivasi, melatih dan membimbing siswa SMK perserta PSG dalam melaksanakan kegiatan komponen pendidikan :
1.      Praktek dasar kejuruan
2.      Praktek keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri.









3
 
 

1.5.      TUGAS PEMBIMBING DAN INSTRUKTUR
Sebagaimana disyaratkan bahwa penyelenggaraan aspek-aspek pendidikan yaitu program praktek dasar kejuruan dan program praktek pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri yang mempunyai kaitan yang erat dan dilakukan pada tempat serta waktu yang berbeda, memerlukan pembimbing yang khusus.
Adapun ruang lingkup tugas guru pembimbing dan instruktur baik pada waktu siswa melaksanakan praktek dasar kejuruan maupun melaksanakan praktek keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri.
1.      Guru pembimbing dan instruktur bersama-sama mengadakan seleksi bagi calon peserta program PSG.
2.      Bersama-sama mengkoordinasikan siswa Program PSG sebelum melaksanakan kegiatan praktek keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri.
Penjelasan yang diberikan kepada siswa tentang Dunia Usaha/ Industri antara lain sebagai berikut:
a.       Sifat dan etos kerja sebagai pekerja serta tata tertib dan peraturan yang berlaku.
b.      Spesifiasi kerja yang dilakukan
c.       Barang-produksi/jasa (materi, wujud dan biaya)
d.      Dan memperkenalkan peralatan/ media yang digunakan.
3.      Guru pembimbing melaksanakan program praktek dasar kejuruan sedangkan, instruktur melaksanakan pelatihan dan bimbingan program praktek di Dunia Usaha/ Industri sistematis berdasarkan program dan jadwal yang telah disepakati.
4.      Mengadakan seleksi siswa (sinkronisasi program studi dengan program praktek keahlian) sebelum siswa terjun di Dunia Usaha/ Industri.
5.      Melakukan penilaian secara kontinue terhadap kegiatan siswa ketrampilan kerja pada waktu melaksanakan praktek dasar kejuruan dan praktek keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/Industri, guru pembimbing mengkonversikan nilai perolehan siswa sesuai dengan ke dalam mata pelajaran yang relevan dan atau  STTB.
6.      Melakukan uji profesi kepada siswa peserta program PSG yang telah selesai melaksanakan praktek  keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri. Pelaksana uji profesi sedapat mungkin mengacu kepada standard pekerjaan/profesi pada Dunia Usaha/ Industri (enterprise standard), serta dilaksanakan di bawah koordinasi panitia ujian yang telah dibentuk dan mejelis sekolah yang bersangkutan.
7.      Memberi dorongan kepada siswa peserta program PSG agar selalu aktif dan tekun serta antusias dalam mengikuti kegiatan belajar praktek keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri.
8.      Memberikan “Peringantan atau Hukuman” kepada siswa peserta program sesuai dengan sifat pelanggaran yang berlaku di Dunia Usaha/ Industri yang dilakukan pada waktu praktek keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri.
9.     
4
 
Menampung keluhan dari siswa misal: kesulitan, hambatan yang dialami siswa selama melaksanakan PSG serta memberikan jalan pemecahannya semuanya dicatat dalam catatan siswa.
1.6.      PERSYARATAN/ KRITERIA PEMBIMBING
Guru pembimbing dan instruktur dari Dunia Usaha/ Industri yang akan ditunjuk menjadi pembimbing siswa peserta program khususnya pada waktu pelaksanaan program komponen praktek keahlian keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri, diharapkan dan dituntut memenuhi persyaratan/kriteria, antara lain sebagai berikut :
1.      Guru pembimbing adalah guru kejuruan yang sesuai dengan program study terkait dalam melaksanakan prektek dasar kejuruan dan instruktur yang sama-sama memiliki kepedulian, kesadaran, dan kemauan yang cukup tinggi dan baik terhadap upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan SMK.
2.      Memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang dipersyaratkan oleh suatu program study tertentu baik sebagai guru dan atau seorang pekerja profesional dibidangnya.
3.      Memiliki sikap moral dan etos kerja serta dedikasi yang tinggi dibidang pekerjaan/profesi.
4.      Khusus untuk guru memiliki pengalaman Industri yang dipersyaratkan oleh Dunia Usaha/Industri (kesepekatan).
5.      Khusus untuk instruktur dari Dunia Usaha/Industri memiliki motivasi yang cukup tinggi untuk membimbing siswa program peserta PSG sesuai dengan tugas yang menjadi tamggung jawab. 
6.      Memiliki kemampuan, motivasi untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta wawasan dalam bidang pekerjaan/ profesi.
7.      Menghargai profesinya maupun profesi lainnya.
8.      Peka terhadap perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK)


1.7.      PELAKSANAAN BIMBINGAN BAGI SISWA PESERTA PROGRAM PSG
Dalam menentukan tempat pelaksaan kegiatan program PSG pada prinsipnya adalah atas kegiatan kedua belah pihak, yaitu antara SMK dan Dunia Usaha/ Industri pasangan pelaksanaan bimbingan bagi siswa peserta program PSG adalah :
1.      Praktek dasar kejuruan pada umumnya dilakukan di SMK dan atau BLPT yang ada sehingga secara praktis pelaksanaan  tugas-tugas guru pembimbing misalnya mempersiapkan, mengesahkan, memotivasi serta mengkondisikan siswa peserta PSG dilakukan di SMK. Namun tidak menutup kemungkinan pelaksanaan praktek dasar kejuruan di Dunia Usaha/ Industri misalnya : PT. PAL yang telah bekerja sama dengan STM Perkapalan Siduarjo, sehingga pelaksanaan tugas-tugas pembimbing tersebut  di atas akan dilakukan di Perusahaan dimana siswa melakukan kegiatan praktek dasar kejuruan tersebut.
2.     
5
 
Praktek keahlian pada lini produksi di Dunia Usaha/ Industri harus benar-benar dilaksanakan pada proses produksi perusahaan, siswa bekerja langsung sebagaimana pekerja/pegawai lainnya diperusahaan tersebut, sehingga pelaksanaan tugas-tugas pembimbing diberikan kepada siswa secara simultan/ bersamaan dengan pelaksanaan proses produksi oleh siswa diperusahaan dan atau pada waktu-watu tertentu yang telah disepakati / dijadwalkan.
1.8.      TATA TERTIB DUNIA  USAHA /  INDUSTRI
Setiap dunia usaha / Industri mempunyai tata tertib kerja yang harus dipatuhi oleh setiap pekerja diperuisahaan tersebut. Secara umum tata tertib kerja didunia usaha / Industri, antara lain :
1.      Bersikap sopan dan santun serta bekerja secara jujur.
2.      Memperhatikan dan melaksanakan aturan-aturan keselamatan kerja yang diperlukan dalam melaksanakan sesuatu pekerjaan.
3.      Mentaati dan melaksanakan semua tata tertib yang diberlakukan dalam suatu perushaan dengan baik.
4.      Bekerja sama dengan karyawan yang ada di Perusahaan tersebut.

Sehubungan dengan adanya tata tertib yang berlaku maka setiap karyawan/karyawati wajib mematuhi peraturan tersebut.


























6
 
 


















Kertas Biru
JANGAN diCETAK
Haya sebagai Pembatas
 




































BAB II

DESKRIPSI DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI


2.1.          WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN

  1. WAKTU PELAKSANAAN
Dalam melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG) sesuai dengan yang telah di tentukan yaitu tanggal 1 Maret sampai dengan 20 Mei 2011. Adapun jadwal kegiatan jam kerja adalah sebagai berikut :
Hari
Jam Masuk
Jam Istirahat
Jam Pulang
Minggu
Libur
Libur
Libur
Senin
07.30 WIB
12.00 WIB
14.00 WIB
Selasa
07.30 WIB
12.00 WIB
14.00 WIB
Rabu
07.30 WIB
12.00 WIB
14.00 WIB
Kamis
07.30 WIB
12.00 WIB
14.00 WIB
Jum’at
07.30 WIB
12.00 WIB
14.00 WIB
Sabtu
Libur
Libur
Libur



2. TEMPAT PELAKSANAAN

Tempat pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) yang di pilih penulis yaitu pada Kantor Kecamatan Babakan. Alamat Jl. Raya Pangeran Sutajaya No.112 Telp (0231) 661121 Kode Pos 45191 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon.



                                                                               Babakan, 21 Mei 2011
                                                                                        Pembimbing
                                                                           Kantor Kecamatan Babakan




                                                                                 RINTO WAHYUDI
                                                                           NIP : 19810309 200801 1 001
                                                                                               




7
 
 

2.2.         IDENTITAS DUNIA USAHA



1.      Nama Dunia Usaha/ Industri                        : Kantor Kecamatan Babakan
2.      Jenis Usaha                                                 : Pelayanan Masyarakat
                                                                   Jl. Raya Pangeran Sutajaya No. 112
                                                                   Babakan- Cirebon Kode Pos 45191
3.      No. Telepon/Fax                                        : (0231) 661121
4.      Nama Pimpinan                                          : Drs. MOCHAMAD SYAFRUDIN
5.      Nama Pembimbing DU/DI                          : RINTO WAHYUDI
6.      Nama Pembimbing Sekolah                        : YENNY RACHMAN, SE
7.      Bagian / Devisi / Lokasi                               : Kasi Kesejahteraan Masyarakat
                                                                    Kasi Pelayanan Umum
                                                                    Kasi Ekonomi Pembangunan
                                                                    Kasi Pemerintahan
                                                                    Kasi Kecamatan
                                                                    Kasi Kerertiban dan Keamanan














8
 
 

2.3.          SEJARAH SINGKATKECAMATAN BABAKAN

        Konon jauh di sana terbentang luas hamparan sawah dan permukiman yang tampak hijau ranau mengitari wilayah bagian timur Kabupaten Cirebon tepatnya di KAWEDANAN Ciledug Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon adalah salah satu wilayah perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah yang meliputi :
1.         Jalur Utara                    : Kecamatan Babakan dan Kecamatan Losari
2.         Jalur Selatan                 : Kecamatan Waled dan Kecamatan Ciledug

Inilah salah satu diantara KAWEDANAN Ciledug adalah Kecamatan Babakan. Masyarakat Kecamatan Babakan boleh dikata masyarakat majemuk yang mata pencahariannya adalah sebagai berikut :

1.         Pertanian
2.         Perkebunan
3.         Nelayan
4.         Pedagang dan Buruh

Asal usul Kecamatan Babakan konon menurut cerita Kakek, kurang lebih           sekitar tahun 1901 pernah mengalami kerja menjadi seorang tukang gali pada jaman Belanda. Beliau dipekerjakan sebagai pembuat saluran air atau sungai yang gunanya untuk mengairi sawah-sawah di wilayah KAMEDANAN Ciledug yang meliputi             4 Kecamatan termasuk untuk kebutuhan pabrik gula di Kecamatan Babakan yang lokasinya diperbatasan Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon tempatnya di daerah bukit MANEUTRUNG yang berada di Kecamatan Waled setelah berjalannya waktu berdirinya pabrik gula kurang lebih tahun 1937 yang menajemennya berkaitan dengan Pemerintah Daerah sampai tingkat Kecamatan mengenai area wilayah perkebunan untuk Penanaman Tebu.
Dengan demikian untuk penataan wilayah terkaitlah Pemerintah Kabupaten Cirebon, menata wilayahnya terdiri empat kecamatan inilah sangat berpotensi dalam mengolah perkebunan khususnya tebu, maka dalam hal ini tidak terlepas berkaitan dari pemerintah daerah. Aadapun 4 Kecamatan yang terkait adalah sebagai berikut :
1.         Kecamatan Babakan
2.         Kecamatan Lemah Abang
3.         Kecamatan Plumbon
4.         Kecamatan Arjawinangun


9
 
 

Dan di sinilah salah satu Kecamatan           Babakan, maka disusunlah Struktur Organisasi aparat-aparat daerah atau wilayah yang meliputi 27 Desa yang terdiri dari :

1 komentar: